Tryout.id

Ini Dia Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Untuk yang Sudah Vaksin

5 Jul 2021  |  765x | Ditulis oleh : Admin
Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19

Langkah pemerintah dalam mengatasi masalah penularan Covid-19 salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi Nasional. Dengan cara ini pemerintah tentunya berharap bisa menanggulangi masalah lonjakan angka penyebaran virus Covid-19 yang semakin tinggi. Bahkan PPKM darurat pun diberlakukan di wilayah Jawa-Bali untuk mencegah penyebaran yang semakin meluas.

Walaupun masih banyak yang meragukan keampuhan dari vaksin yang disediakan oleh pemerintah saat ini, setidaknya dengan vaksinasi akan membuat kekebalan tubuh menjad semakin kuat. Segala cara memang sudah dilakukan pemerintah, tetapi Covid-19 masih menjadi ancaman besar untuk masyarakat Indonesia.

Terlebih lagi adanya varian baru yang membuat penyebarannya semakin menjadi-jadi, banyak wilayah di Indonesia yang sudah menjadi zona merah penularan Covid-19. Belum meratanya vaksinasi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, karena belum semua warga Indonesia mau di vaksin. Mungkin karena mendengar atau melihat berita negatif tentang vaksin yang membuat mereka takut dan tidak mau untuk di vaksin.

Tetapi banyak juga yang sadar dan mau di vaksin. Bagi anda warga Indonesia yang sudah melakukan vaksinasi dan belum mendapatkan sertifikasi keterangan sudah vaksin, anda bisa mendapatkannya lewat online atau melalui internet. Karena bukti sertifikasi sudah vaksin ini memang sangat penting. Apalagi bagi anda yang ingin pergi keluar kota atau ingin membuat surat-surat penting di lembaga pemerintahan. Kartu sertifikasi sudah vaksin ini tentunya akan ditanyakan sebagai salah satu syarat wajib untuk melanjutkan perjalanan maupun pembuatan dokumen.

Sertifikat vaksin covid-19 adalah sertifikat digital yang memuat data pribadi vaksinasi yang dilengkapi dengan barcode khusus resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN. Lalu bagaimanakah cara mendapatkan sertikat digital tersebut?

Berikut langkah-langkah Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 melalui website dan aplikasi PeduliLindungi.

Untuk mendownload sertifikat vaksin caranya sebagai berikut:

1. Buka alamat website pedulilindungi.id

2. Tekan Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi

3. Pilih Login Sekarang, lalu masukkan nomor ponsel sesuai nomor yang didaftarkan

4. Isi Kode OTP yang dikirim via SMS untuk melakukan verifikasi

5. Setelah berhasil login, tekan menu navigasi pada sebelah kanan atas

6. Pilih Sertifikat Vaksin

7. Pilih Unduh Sertifikat

Jika kamu tidak dapat login dengan nomor ponsel, pilih Buat Akun terlebih dahulu, lalu masukkan NIK sesuai dengan data pendaftaran vaksinasi.

1. Pilih Buat Akun

2. Masukkan Nomor ponsel sesuai yang didaftarkan

3. Isikan kode OTP yang dikirimkan via SMS

4. Masukkan NIK sesuai dengan dengan KTP yang didaftarkan

5. Buka aplikasi Play Store dari ponsel kamu

6. Cari dan download aplikasi PeduliLindungi

7. Buka aplikasi lalu pilih Login, kemudian masukkan Nomor Ponsel yang terdaftar

Kamu juga dapat mengunduh sertifikat lewat aplikasi PeduliLindungi di Android, caranya sebagai berikut:

1. Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS

2. Izinkan akses penggunaan lokasi, media atau foto jika diminta

3. Tekan Akun di sebelah kanan atas

4. Pilih Sertifikat Lalu unduh

Penting : sehubungan dengan himbauan Kominfo dan siaran pers dari covid19.go.id, sebaiknya hindari mengunggah atau membagikan sertifikat vaksin Covid-19 di media sosial. Ini dikarenakan data pribadi dalam sertifikat bukti vaksin tersebut memiliki data QR Code yang dapat dipindai.

Itulah cara mendownload sertifikat vaksin Covid-19 yang bisa kamu coba, bisa dari website maupun aplikasi PeduliLindungi.

Bagi kamu yang sudah melakukan vaksin memang tidak bisa terbebas dari memakai masker maupun menjaga jarak. Protokol kesehatan tersebut masih harus kamu terapkan karena vaksin bukan untuk membunuh virus Covid-19, tetapi untuk pencegahan agar tidak mudah tertular virus tersebut.

Banyaknya pelanggaran ProKes juga menjadi salah satu penyebab kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan kembali. Salah satunya yaitu enggan memakai masker saat keluar rumah, masih saja suka berkerumun tanpa jaga jarak aman, dan tidak memperhatikan kebersihan diri sendiri terutama telapak tangan.

Jika semua masyarakat disiplin mentaati protokol kesehatan yang tadinya 3M dan sekarang menjadi 5M. Mungkin angka kasus Covid-19 tidak akan melonjak lagi, bahkan kematian akibat Covid-19 tidak akan terjadi lagi. Disinilah pentingnya peran pemerintah dan kesadaran masyarakat untuk bisa saling mengerti dan memahami agar pandemi ini bisa segera berakhir.

Baca Juga: