MU

Kasus Covid-19 Meningkat, Online Learning & Kuliah Online Jadi Prioritas

1 Jul 2021  |  227x | Ditulis oleh : Admin
Online Learning & Kuliah Online

Kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia membuat belajar tatap muka sepertinya kembali ditiadakan, memang sangat riskan ketika memaksakan untuk belajar tatap muka ketika angka kasus corona sedang tinggi. Sangat disayangkan memang dunia pendidikan kita terganggu oleh adanya virus ini, entah kapan akan berakhir dan kondisi di indonesia kembali normal seperti dulu sebelum adanya virus corona.

Online learning memang menjadi satu-satunya pilihan agar dunia pendidikan di Indonesia tetap berjalan, dan para pelajar pun akan tetap bisa belajar walau harus secara online menggunakan gadget. Karena hanya dengan cara inilah pelajar di Indonesia bisa mendapatkan pendidikannya, sekaligus dapat terhindar dari virus corona yang sedang melanda Indonesia.

Belajar online memang tidak akan semaksimal belajar dengan tatap muka, tetapi banyak juga keunggulan yang bisa didapatkan dibandingkan dengan belajar tatap muka. Semua pasti ada kekurangan dan kelebihannya, mungkin juga saat pandemi berakhir online learning akan tetap diberlakukan. Mengingat saat ini kita berada di era digital yang semuanya bisa dilakukan dengan mudah, tidak menutup kemungkinan online learning akan dijadikan cara belajar di masa depan.

Bagi anda para mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia, pastinya juga terdampak dengan adanya virus corona ini. Adanya virus corona juga memaksa para mahasiswa Indonesia tidak bisa datang ke kampus seperti biasanya. Sama halnya seperti pelajar, para mahasiswa pun tidak bisa ngampus dengan bertatap muka lagi.

Kuliah Online juga menjadi cara bagi para mahasiswa untuk tetap bisa kuliah dan tetap bisa lulus sampai wisuda nanti. Tentunya sudah banyak kampus di Indonesia yang mengadakan Kuliah Online, ditambah dengan adanya pandemi seperti sekarang. Kegiatan seperti kuliah online sudah seperti kegiatan yang biasa saja bagi para mahasiswa di Indonesia.

Sama halnya dengan online learning, kuliah online juga menjadi satu-satunya pilihan di masa pandemi agar dunia pendidikan tetap berjalan. Sebenarnya belajar online maupun kuliah online tidak selamaya buruk. Banyak juga keunggulan yang bisa didapatkan, keunggulan tersebut diantaranya adalah;

1. Dapat diakses dengan mudah

Cukup menggunakan smartphone atau perangkat teknologi lain seperti laptop yang terhubung dengan internet, para pelajar sudah bisa mengakses materi yang ingin dipelajari. Dengan menerapkan online learning para pelajar dapat melakukan kegiatan pembelajaran di mana saja dan kapan saja.

2. Biaya lebih terjangkau

Dengan bermodalkan paket data internet, para pelajar sudahbisa mengakses berbagai materi pembelajaran tanpa khawatir ketinggalan pelajaran apabila tidak hadir. Ya, walaupun di Indonesia masih banyak yang membebankan biaya sekolah seperti biasa. Memang seharusnya sudah bisa dihapuskan karena proses belajar kebanyakan dilakukan di rumah.

3. Waktu belajar fleksibel

Kuliah online atau belajar online memang memilki waktu belajar yang lebih sedikit dan bisa dilakukan kapan saja sesuai jadwal pembelajaran yang akan dilakukan oleh dosen atau guru masing-masing.

4.  Wawasan yang luas

Dengan kuliah atau belajar online para dosen dan guru pun tidak hanya bisa mengajarkan materi yang akan di sampaikan saja. Dengan akses internet tentunya parea pengajar bisa memberikan wawasan lebih diluar materi untuk mahasiswa atau pun siswanya.

Belajar online atau kuliah online memang banyak kekurangan tapi juga masih ada kelebihannya, untuk saat ini memang hanya belajar online dan kuliah online yang bisa jadi sarana pendidikan di Indonesia. Efek dari pandemi ini memang luar biasa, berpengaruh ke semua bidang termasuk dunia pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: