Al Masoem

Rehabilitasi Narkoba adalah Solusi Terbaik Bagi Mereka Yang Ketergantungan Narkoba atau Napza

5 Nov 2021  |  358x | Ditulis oleh : Mas AT
Ashefa Griya Pusaka

Rehabilitasi Narkoba saat ini masih menjadi cara yang paling ampuh untuk mengobati para pengguna narkoba yang sudah ketergantungan dan sulit lepas dari pengaruh narkoba. Dengan rehabilitasi tentu saja kita sudah membantu mencegah hal buruk yang bisa saja terjadi kepada pengguna narkoba dan juga dampak buruk kepada lingkungan di sekitar pengguna narkoba. Bisa saja karena telat ditangani, pasien dengan ketergantungan narkoba akan mengalami over dosis yang menyebabkan kematian. Bahaya narkoba juga bisa menyebabkan lingkungan disekitar pengguna menjadi resah dan merasa tidak aman, karena kebanyakan dari mereka pengguna narkoba mentalnya sudah terganggu dan tidak lagi memiliki akal yang sehat.

Berbagai tindak kejahatan pun sering sekali terjadi akibat dari pengaruh narkoba dan pelakunya tidak lain adalah mereka yang sudah ketergantungan akan narkoba. Segala cara akan mereka lakukan untuk mendapatkan obat –obatan terlarang ini, dan yang bahaya adalah ketika mereka sudah kehabisan uang dan mulai melakukan tindak kejahatan untuk mendapatkan uang lalu membeli narkoba. Oleh karena itu sebisa mungkin memang kita tidak pernah mencoba yang namanya narkoba dan jenis obat – obatan terlarang lainnya. Karena akan banyak sekali kerugian yang akan kita dapatkan, dari mulai rusaknya anggota badan, mental dan bisa juga terkurasnya harta benda karena harus selalu membeli obat – obatan terlarang ini akibat sudah sangat ketergantungan

Kita harus lebih bijak lagi dalam memilih teman dalam pergaulan, karena kebanyakan dari mereka pengguna narkoba awalnya memang hanya untuk coba – coba yang awalnya diperkenalkan oleh teman yang sudah lebih dulu menjadi pecandu atau bahkan sengaja mengedarkan. Apalagi jika kita mempunyai anak remaja, tentunya tidak hanya harus memperhatikan pergaulan kita sendiri tapi juga harus mengawasi juga putra putri kita dalam bergaul. Mereka merupakan aset bangsa yang harus sama – sama kita jaga agar tidak terjerumus kedalam lingkaran hitam dunia narkoba.

Sebenarnya bukan hanya narkoba saja yang menjadi ancaman untuk generasi penerus terutama anak – anak muda di indonesia. Begitu banyak jenis narkoba yang ada saat ini tentu akan membuat kita bingung, untuk mempermudah menamai dan mengucapkannya saat ini memang sudah ada istilahnya yaitu NAPZA.

NAPZA merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. Masing-masing nama tersebut mewakili golongan obat yang memberikan efek tertentu pada kondisi kejiwaan maupun perilaku.

Penggolongan NAPZA

NAPZA adalah semua jenis zat, baik sintetis maupun alami, yang dapat mengubah fungsi fisik maupun psikis, dan sering menimbulkan ketergantungan. Sesuai namanya, NAPZA dikelompokkan menjadi 3 kelompok besar yang masing-masing memiliki jenis-jenis lagi. Ketiga golongan NAPZA yaitu: Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya.

  • Golongan Narkotika

Narkotika adalah sebutan untuk zat yang mampu menurunkan kesadaran dan rasa nyeri, serta menyebabkan ketergantungan. Penyebutan ini berlaku untuk zat yang berasal dari alam, sintetis, maupun semi-sintetis.

  • Golongan Psikotropika

Psikotropika adalah zat selain narkotika yang memiliki efek psikoaktif dengan cara mempengaruhi sistem saraf pusat secara selektif sehingga menyebabkan perubahan perilaku dan aktivitas mental.

  • Golongan Zat Adiktif Lainnya

Zat adiktif lainnya adalah zat bukan obat atau diluar narkotika dan psikotropika yang mampu menimbulkan ketergantungan. Sebagian besar zat ini tidak ada gunanya untuk terapi tapi berpotensi terjadi penyalahgunaan dan membahayakan kesehatan.

Itulah pentingnya rehabilitasi narkoba bagi para pengguna atau yang sudah ketergantungan narkoba, sebisa mungkin pilih tempat rehabilitasi narkoba yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam menangani pasien ketergantungan narkoba atau NAPZA. Sebagai rekomendasi saja, sebaiknya pilih Ashefa Griya Pusaka untuk tempat rehabilitasi bagi mereka yang sudah ketergantungan akan narkoba.

Baca Juga: