Tryout.id

Inilah 4 Dampak Yang Akan Terjadi Jika Nilai Kurs Rupiah Melemah

18 Feb 2021  |  73x | Ditulis oleh : Admin
Inilah 4 Dampak Yang Akan Terjadi Jika Nilai Kurs Rupiah Melemah

Nilai kurs rupiah mengalami pelemahan kembali terhadap dolar Amerika. Kurs rupiah memang tidak stabil, terkadang menguat dan kadang-kadang melemah terhadap dolar. Apalagi saat pertama kali kemunculan covid 19, rupiah mengalami pelemahan yang cukup tinggi. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan melemahnya kurs rupiah.

Kurs rupiah bisa mengalami pelemahan akibat diferensiasi inflasi dan suku bunga, defisit neraca berjalan, stabilitas politik dan ekonomi bahkan hutang publik. Melemahnya nilai mata uang suatu negara seringkali identik dengan hal negatif. Nyatanya, dampak yang diakibatkan oleh pelemahan kurs mata uang tidak selalu berakhir buruk. Ada beberapa dampak positif yang dihasilkan dari melemahnya kurs rupiah.

Dan berikut ini ada 4 dampak yang ditimbulkan apabila kurs rupiah melemah.

1. Karyawan bergaji 2 dolar mendapatkan untung lebih besar

Karena nilai kurs rupiah lebih rendah dibandingkan dolar, maka hal ini sangat menguntungkan bagi karyawan yang digaji menggunakan dolar. Dolar yang dikonversikan ke rupiah nanti akan lebih banyak jumlahnya dibanding sebelum melemahnya rupiah.

2.  Eksportir dari dalam negeri meningkat

Meskipun nilai kurs rupiah melemah, bukan berarti perekonomian negara menjadi jatuh. Dari Pelemahan nilai rupiah ini, ada keuntungannya tersendiri dari dalam negeri yakni keuntungan eksportir dalam negeri mengalami peningkatan. Akan banyak permintaan dari luar terhadap produk-produk asli Indonesia sehingga meningkatkan keuntungan beberapa eksportir yang ada di Indonesia, seperti tekstil dan mebel.

3. Barang impor mahal, barang lokal kian laris di pasaran

Karena kurs rupiah melemah, hal ini menyebabkan barang impor yang dikirim dari luar negeri menjadi mahal. Sementara barang lokal yang ada dari dalam negeri semakin laris di pasaran. Jadi ada untungnya juga nilai kurs rupiah mengalami pelemahan. Meskipun begitu, pastinya kita ingin nilai kurs rupiah tetap stabil. Dan alangkah baiknya mengalami peningkatan.

4. Risiko pertumbuhan kredit semakin besar

Dengan nilai kurs rupiah yang melemah dapat menyebabkan meningkatnya risiko bagi pertumbuhan kredit. Suku bunga akan mengalami peningkatan. Sehingga pada akhirnya orang-orang enggan untuk melakukan kredit karena bunga yang mahal tersebut.

Sekolah beberapa dampak yang akan diakibatkan Jika nilai kurs rupiah mengalami pelemahan. Semoga bermanfaat.

Itulah empat dampak dari melemahnya nilai kurs rupiah terhadap dolar, yang ternyata masih ada nilai positifnya bagi perekonomian terutama pengusaha barang-barang lokal.

Berita Terkait
Baca Juga: