rajabacklink

Berapa Banyak Kandungan Protein Dada Ayam? Yuk, Cari Tahu Disini!

23 Jan 2023  |  384x | Ditulis oleh : Mas AT
Berapa Banyak Kandungan Protein Dada Ayam? Yuk, Cari Tahu Disini!

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tubuh manusia membutuhkan sumber protein yang baik. Sumber protein yang kita tahu saat ini terdiri dari dua pilihan jenis yaitu protein hewani dan protein nabati. Kedua jenis protein tersebut pastinya sangat penting bagi tubuh kita, jika protein dalam tubuh terpenuhi maka tubuh akan selalu sehat dan bugar. Apalagi jika Anda rajin berolahraga dan menerapkan pola makan sehat, maka manfaat protein yang Anda konsumsi jadi lebih optimal.

Lalu seberapa besar manfaat protein bagi tubuh kita dan dari mana kita bisa mendapatkan protein yang cukup bagi tubuh kita? salah satu protein hewani yang cukup tinggi adalah kandungan protein dada ayam. Selain mengandung banyak sumber protein, dada ayam juga sangat mudah kita dapatkan dan menjadi salah satu protein hewani yang juga banyak disukai terutama bagi mereka penggemar makanan berbahan daging ayam. Menu masakan berbahan dasar ayam tentunya sangat banyak, dan Anda bisa menggantinya dengan dada ayam agar mendapatkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dada ayam merupakan sumber protein yang baik dan bergizi terutama untuk diet manusia. Protein adalah zat esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta untuk memproduksi hormon dan juga enzim pada tubuh manusia. Itulah salah satu alasan kenapa dada ayam sering menjadi salah satu menu andalan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Karena selain banyak protein dan nutrisi baik, dada ayam juga bisa di olah menjadi makanan yang sangat lezat.

Kandungan protein dalam dada ayam bervariasi tergantung dari pada ukuran potongan dan cara pengolahannya. Tapi biasanya rata-rata dada ayam tanpa kulit mengandung sekitar 31 gram protein per 100 gram daging. Ini merupakan sekitar 62% dari kandungan kalori total dalam daging ayam. Dada ayam yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan dada ayam dengan proses digoreng.

Protein dalam dada ayam juga merupakan sumber asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino esensial adalah jenis asam amino yang harus didapatkan dari makanan, karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Beberapa asam amino esensial yang terkandung dalam dada ayam antara lain leusin, isoleusin, valin, treonin, metionin dan fenilalanin.

Selain dada ayam banyak mengandung protein, bahan makanan satu ini juga sangat mudah di dapatkan serta gampang untuk di olah. Dada ayam juga sangat rendah lemak dan kalori, sehingga cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau memperbaiki komposisi tubuhnya. Namun, untuk dada ayam yang digoreng biasanya akan mengandung lebih banyak kalori dan lemak dibandingkan dengan dada ayam yang dipanggang atau dibakar.

Kesimpulannya dada ayam merupakan sumber protein hewani yang memang baik dan bergizi, serta cocok bagi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Kandungan protein dalam dada ayam yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan dada ayam yang digoreng dan juga merupakan sumber asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet atau mencari protein hewani dengan kandungan protein tinggi, pastinya dada ayam adalah pilihan terbaik. Karena selain banyak protein dada ayam juga bisa menjadi salah satu menu makanan favorit Anda yang enak, lezat dan juga baik bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: