Hijab.id

Gunakan 8 Cara ini Agar Bisa Membedakan Berlian Asli atau Palsu

19 Mar 2021  |  59x | Ditulis oleh : Admin
Gunakan 8 Cara ini Agar Bisa Membedakan Berlian Asli atau Palsu

Berlian adalah perhiasan yang sangat cantik dan mempunyai harga yang sangat mahal. Berlian seringkali di tempelkan atau dipasangkan bersama logam agar terlihat lebuh indah. Kilau sinar dari berlian akan menghipnotis siapa saja yang melihat sehingga tidak aneh perhiasan ini paling banyak di inginkan.

Untuk anda yang hendak membeli berlian, sebaiknya anda harus berhati-hati dan teliti sebelum membeli berlian karena banyak berlian palsu beredar. Untuk itu, anda harus tahu ciri-ciri berlian asli atau palsu agar anda tidak tertipu.

Simak penjelasan dibawah ini agar saat membeli berlian anda sudah bisa membedakan mana berlian asli dan mana berlian palsu;

1. Tidak Mudah Retak

Ciri berlian asli yaitu tidak mudah retak. Berlian merupakan batu terkeras di bumi sehingga berlian tidak akan mudah retak dan rusak. Daya tahan batu berlian sangat lah tinggi sehingga cocok anda gunakan sehari-hari. Jika Anda membeli berlian yang mudah terbelah atau retak bisa dipastikan berlian yang Anda beli palsu.

2. Berlian Asli Tidak Mudah Tergores

Berlian juga tidak mudah tergores karena berlian merupakan batu terkeras di bumi. Untuk itu agar bisa dibuktikan, goreskan berlian kepada kaca, jika kaca tersebut tergores dan berlian tidak tergores maka berlian tersebut asli. Namun jika sebaliknya, berlian yang digoreskan ada tanda tergores maka berlian tersebut palsu.

3. Berlian Merah Sangatlah Langka dan Mahal

Kebanyakan berlian berwarna bening atau tanpa warna adalah berlian yang umum kita lihat. Namun anda harus tahu jika berlian memiliki warna lain seperti hitam, pink, biru dan merah. Dan berlian berwarna merah adalah berlian yang paling langka dan sangat mahal. harga berlian merah ditaksir ribuan Dollar per karat. Nah jika Anda menemukan penjual berlian merah murah, sebaiknya jangan dibeli karena itu jelas palsu.

4. Berlian Bisa Memantulkan Cahaya

Ciri berlian asli selanjutnya yaitu bisa mereflesikan cahaya setiap sisinya. Inilah kelebihan berlian yang begitu di inginkan oleh semua orang. Cirinya jika cahaya yang di reflesikan berwarna silver maka berlian itu asli, jika refleksi cahaya berwarna-warni seperti pelangi maka berlian tersebut palsu.

5. Pencerminan Berlian Asli Tidak Jelas

Ciri berlian asli selanjutnya yaitu jika melihat benda lain menggunakan berlian maka pantulan benda tersebut tidak jelas maka berlian tersebut asli. Berbeda jika berlian palsu, kita mampu melihat dengan jelas benda ketika melihat melalui berlian. Hal tersebut terjadi karena berlian asli tidak membiaskan cahaya dalam garis lurur melainkan ke arah lain. Maka itu sebabnya jika anda tidak bisa dengan jelas melihat benda menggunakan berlian.

6. Batu Berlian Tidak Bisa Berkabut

Ciri berlian asli yaitu tidak berkabut. Caranya yaitu anda bisa melakukan tes kabut untuk menguji keaslian berlian. Caranya anda bisa meniup atau menghembuskan nafas ke berlian, jika kabut pada berlian itu cepat hilang maka dipastikan asli. Namun sebaliknya, jika kabut tersebut lama menghilang maka berlian tersebut palsu. Karena berlian mempunyai sifat menghantarkan panas sehingga bisa menyebarkan panas dengan cepat.

7. Berlian Tidak Bisa Panas

Ciri berlian asli yaitu tidak bisa panas artinya berlian bisa menyebarkan panas dengan cepat yang sudah dibahas sebelumnya. Maka berlian asli saat dipanasakan tidak akan merasakan panas saat anda menyetuhnya.

8. Berlian yang Asli Tidak Mengapung di Air

Terkadang ada penjual berlian nakal yang menggabungkan berlian asli dengan berlian palsu. Untuk mengetes keaslian berlian, anda bisa mengujinya menggunakan air. Caranya siapkan gelas dan isi air jangan terlalu penuh. Lalu anda coba masukan batu berlian tersebut kedalam air, jika berlian tenggelam maka berlian itu asli karena berlian memiliki massa jenis tinggi. Namun sebaliknya jika mengapung maka berlian tersebut palsu.

Baca Juga: