Tryout.id

Data Hardisk Terhapus? Jangan Khawatir Begini Cara Mengembalikan Datanya

23 Mar 2021  |  142x | Ditulis oleh : Admin
Data Hardisk Terhapus? Jangan Khawatir Begini Cara Mengembalikan Datanya

Perangkat Komputer dan Laptop di zaman sekarang memang sudah menjadi salah satu kebutuhan penting, terutama bagi para karyawan yang kesehariannya membutuhkan PC atau Laptop untuk pekerjaannya. Tentu untuk memudahkan pekerjaannya akan ada file atau data yang disimpan kedalam hardisk pada PC atau Laptop tersebut. Hardisk memang disediakan untuk menyimpan data dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Agar file seperti video, mp3, foto, dokumen, dan lain-lain bisa tersimpan dan tanpa khawatir data penuh seperti di memori handphone.

Menyimpan data pada hardisk di perangkat komputer memang tidak selamanya aman, bisa saja komputer yang kita pakai terkena virus yang mengakibatkan kerusakan pada perangkat komputer (PC). Beruntung jika virus yang masuk bisa di hilangkan dengan anti virus yang ada pada PC atau Laptop tersebut, tapi jika tidak maka risikonya bisa saja data dalam hardisk tersebut terhapus atau terpaksa harus dihapus.

Kemungkinan lainnya data dalam hardisk bisa terhapus adalah karena kelalaian sang pengguna sendiri, bisa saja karena ketidaksengajaan data penting yang disimpan hilang karena terhapus. Jika file atau dokumen yang sekirannya penting memang sebaiknya kita membiasakan membackupnya melalui media penyimpanan lain seperti flashdisk misalnya.

Berikut ini beberapa peneyebab data di hardisk bisa hilang atau terhapus:

1. notebook terjatuh- tidak lagi menyala

2. Hard disk dan partisi yang tidak dapat diakses

3. Aplikasi yang tidak dapat menjalankan atau memuat data

4. Data rusak

5. Serangan virus

6. Kegagalan komponen hard disk

7. Benturan hard disk

8. Kerusakan karena api atau cairan

9. Kontaminasi dan kerusakan permukaan media

10. Tidak sengaja memformat ulang partisi

11. Penghapusan data tidak disengaja

Itulah beberapa penyebab data di hardisk tidak bisa di akses atau terhapus, bisa karena PC yang rusak, virus, atau kelalaian dari si pengguna sendiri karena ketidaksengajaan.

Kehilangan data dalam hardisk pastilah membuat panik dan sedikit emosi karena banyak file atau dokumen yang penting didalamnya. Bisa saja file untuk kerjaan, foto-foto keluarga, file musik, dan file atau dokemn penting lainnya. Lalu kita langsung berfikir bahwa data tersebut tidak akan pernah kembali, dan harus membuat file baru lagi karena untuk kepentingan pekerjaan misalnya.

Sebenarnya ada cara agar file atau data yang hilang tersebut bisa muncul dan bisa kita akses lagi seperti semula. Masih belum banyak yang tahu cara menembalikan data hardisk yang hilang, walaupun seorang sarjana komputer sekalipun belum tentu mereka tahu caranya.

Tetapi tidak usah khawatir karena saat ini sudah ada Jasa Recovery Data hardisk yang hilang atau rusak karena virus. Tentu jasa seperti ini membutuhkan keahlian dan pengalaman, jadi percayakan kepada Jasa Recovery Data yang sudah terpercaya.

Dengan sedikit mengeluarkan biaya, data atau file yang hilang pun bisa kembali lagi, tanpa harus membuat file baru lagi. Apalagi jika data atau file yang terhapus tersebut tidak bisa dibuat baru lagi karena tidak terhitung jumlahnya. Termasuk file penting lainnya yang mungkin hanya ada di dalam hardisk tersebut dan tidak mungkin untuk dibuat baru lagi.

Menggunakan Jasa Recovery Data adalah solusi yang terbaik, karena 100 persen data yang ada di hardisk yang rusak atau terhapus datanya bisa terselamatkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan memberikan solusi kepada mereka yang kehilangan file karena hardisk rusak atau tidak sengaja terhapus. Karena memang sangat mengesalkan jika file atau data penting kita itu hilang selamanya dan tak bisa kembali lagi.

Baca Juga: